ASI is The Best Choice For My Baby

Lilypie Breastfeeding tickers

Jumat, 18 November 2011

Problema pada Puting




Masalah pada Puting
Pada masa menyusui, seringkali kita mengalami masalah pada puting dan mengakibatkan ibu menjadi tidak nyaman atau bahkan menghindari ‘kewajiban’ menyusui…
Beikut  penyebab & cara mengatasi masalah pada puting:
1.    Puting Lecet
Penyebab: Puting lecet biasanya disebabkan oleh isapan bayi yang terlalu kencang, gigitan bayi, goresan benda tajam, kuku ibu atau kuku bayi atau saat bayi terbiasa “mengempeng” pada payudara ibu.
Cara mengatasi: tekan sedikit payudara hingga cairan ASI keluar, oleskan ASI ke seluruh area putting. ASI diyakini mengandung zat anti bakteri dan zat penutup luka, sehingga luka lecet dapat sembuh segera (1-2 hari).

2.    Puting kering

Penyebab: pada saat mandi, puting di bersihkan dengan sabun, sabun biasa mengndung pH tinggi dan akan menyebabkan kulit putting menjadi kering.
Cara mengatasi: setelah mandi, susui bayi segera mungkin, saat ASI keluar kelenjar prolaktin akan menghasilkan minyak dan dengan bantuan lidah bayi,minyak akan melumasi bagian puting.
Selain itu, lakukan perawatan payudara secara teratur, pijat dengan menggunakan ‘baby oil’ yang turut membantu kelembaban payudara ibu.
3.    Puting bocor
Penyebab: disebakan tusukan benda tajam yang menyebabkan puting berlubang.
Cara mengatasi
: puting yang berlubang dapat menyebabkan luka dalam, sehingga ibu perlu pengobatan yang intensif, segera kunjungi klinik laktasi untuk mendapatkan penanganan yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar