ASI is The Best Choice For My Baby

Lilypie Breastfeeding tickers

Jumat, 18 November 2011

Bagaimana mengetahui bayi sudah mendapatkan cukup ASI (kenyang)?

Bagaimana mengetahui bayi sudah mendapatkan cukup ASI (kenyang)?
Jika bayi Ibu menyusu setidaknya 10-12 kali dalam 24 jam, dan mendapatkan kenaikan berat badan sekitar setengah kilo gram dalam 1 bulan, dapat menandakan bahwa bayi ibu mendapatkan cukup ASI.
Ciri yang lain, Ibu  juga dapat mengetahuinya pada saat ibu sedang menyusui bayi/saat ibu mendengarnya menelan. Selain itu, payudara Ibu juga harus terasa lebih lembut dan ringan pada akhir menyusui.
Selama beberapa minggu pertama, bayi harus dapat mengompol sebanyak  6-8 kali dan setidaknya 1 atau 2 buang air besar dalam setiap periode 24 jam.
Kadang-kadang, (tapi sangat, sangat jarang) seorang ibu saja tidak cukup ASI sehingga membuat bayi masi kelaparan. Bayi harus diawasi dengan hati-hati untuk tanda-tanda dehidrasi. Berikut ini adalah sangat penting: bayi Anda mungkin akan mendapatkan dehidrasi jika ia kelihatan lemah dan sakit, urin kuning gelap, mulut dan bibir kering, atau jika ubun-ubun di atas kepalanya terlihat masuk. Jika bayi ibu mengalami gejala ini, hal ini cukup serius. Bawalah bayi Anda ke dokter segera jika ia memiliki gejala-gejala tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar