ASI is The Best Choice For My Baby

Lilypie Breastfeeding tickers

Jumat, 18 November 2011

Persiapan Ibu agar Sukses Menyusui




Persiapan agar Sukses Menyusui 
Ibu, agar sukses menyusui, anda perlu melakukan berberapa persiapan, bahkan mulailah sejak anda hamil.
Baiknya persipan ini ibu lakukan saat memasuki usia kandungan 7 (tujuh) bulan.
Berikut beberapa hal yang perlu ibu persiapkan agar sukses menyusui bayi ibu yang akan lahir kelak:
1.    Perhatikan asupan makanan selama hamil dan menyusui, selama hamil kebutuhan kalori meningkat 500-600 kalori per hari dan ibu pun akan mulai menyimpan lemak untuk kebutuhan kalori selama menyusui.
2.    Konsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, antara lain: daun katuk, pare, bunga pepaya, semangka, kacang. Beberapa dokter kandungan bahkan meresepkan suplemen dan vitamin sejak usia kandungan mencapai 7 bulan antara lain suplemen yang mengandung Ekstrak Placenta + Vitamin B12.
3.    Hindari merokok, dan bahkan hindarilah asap rokok serta hindari minuman beralkohol atau minuman berkafein.
4.    Istirahat yang cukup, jangan sampai ibu kekurangan tidur, karena selama hamil dan menyusui ibu membutuhkan energi yang cukup bahkan untuk merawat bayi kelak. Pola tidur yang baik akan turut membantu ibu menjaga kesehatan tubuh baik ibu dan calon bayi.
5.    Berolahragalah secara teratur, olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah: jalan kaki dan berenang. Ikutlah senam hamil secara teratur, hal ini akan membantu ibu dalam proses melahirkan dan relaksasi selama ibu hamil.
6.    Gunakan pakaian dan bra (BH) yang mendukung proses menyusui. Saat ini banyak tersedia di pasaran berbagai macam bra untuk menyusui, jangan terlalu ketat dan pilih bahan yang dapat menyerap keringat (katun).
7.    Carilah dukungan sebanyak mungkin dari keluarga dan teman, hal ini akan banyak membantu ibu untuk mendapatkan motivasi memberi bayi secara eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia bayi 2 tahun.
8.    Cari informasi sebanyak mungkin tentang proses menyusui baik persiapannya, cara pemberian ASI yang baik, cara memerah ASI, cara menyimpan ASI, cara mengatasi masalah selama menyusui dan lain-lain. Semakin banyak informasi yang di dapat, makin besar peluang ibu untuk sukses menyusui.
9.    Dan yang tak kalah penting adalah, persiapkan mental dan emosi ibu untuk menyambut sang bayi kelak dan berpikirlah positif bahwa setiap ibu pasti mampu dan sangat bisa untuk menyusui.
Jika ibu telah siap untuk hamil, berarti ibu sudah siap pula untuk menyusui!!
Berikan yang terbaik untuk buah hati anda. Semoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar